Kamis, 10 November 2011

MENGENAL KOTA BANJAR BERSAMA GEOGRAFI







A.        KONSEP DASAR GEOGRAFI
Menurut Drs.Nursid Sumaatmadja dalam buku Studi Geografi, Gejala geografi yang ada di sekitar kita merupakan hasil keseluruhan interrelasi keruangan factor fisis dengan factor manusia. Dari hasil studi gejala yang nyata tadi, dalam diri kita akan terbentuk suatu pola abstrak atau abstraksi gejala yang kita kaji.Pola abstrak dalam bentuk pengertian abstrak atau abstraksi inilah yang disebut konsep. Karena pola abstrak tersebut berkenaan dengan gejala yang kongkrit tentang Geografi, maka disebut konsep Geografi
Konsep ini terdiri dari :
1.   Konsep lokasi
    Konsep lokasi ini dalam geografi ada 2 macam yaitu :
a.      Lokasi absolute yaitu lokasi suatu wilayah yang didasarkan pada garis lintang dan garis bujur. Banjar terletak diantara 07°19' - 07°26' Lintang Selatan dan 108°26' - 108°40' Bujur Timur.
b.     Lokasi relatif yaitu lokasi suatu wilayah dipermukaan bumi berkaitan dengan wilayah lain disekitarnya
Kota Banjar berada di bagian Timur Propinsi Jawa Barat, berbatasan langsung dengan Kabupaten Cilacap Propinsi Jawa Tengah.


Foto profil Pemerintah Kota Banjar Jawa Barat (www.facebook.com)
Top of Form

Kota Banjar merupakan pintu gerbang utama jalur lintas selatan Jawa Barat, di sebelah Timur juga berbatasan dengan kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis, sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Pamarican, sebelah Barat dengan kecamatan Cimaragas dan Cijeungjing serta sebelah Utara dengan Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis.
Untuk membedakannya dengan Banjarnegara yang berada di Jawa Tengah, kota ini sering disebut juga Banjar Patroman (dari nama asal "Banjar Pataruman").
Perbatasan kota Banjar  di bagian Timur dengan Kabupaten Cilacap Jateng dan perbatasan di bagian Barat dengan Kabupaten Ciamis (foto dokumen)

http://www.banjar-jabar.go.id/..
bemjpgeo.wordpress.com/
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar