Senin, 14 November 2011

Objek Studi Geografi


A.   OBJEK STUDI GEOGRAFI
1.    Objek material :
Objek material Geografi adalah Geosfer yang terdiri dari :
o   Atmosfer, meliputi cuaca dan iklim
o   Hidrosfer, meliputi jumlah, mutu, persebaran, dan peristiwa-peristiwa yang berhubungan dengan air.
o   Lithosfer (lapisan batuan), meliputi bentuk – bentuk muka bumi, proses yang dapat menyebabkan perubahan bentuk muka bumi,pengorganisasian wilayah di daratan, perairan dan udara.
o   Biosfer, meliputi sejarah, pertumbuhan, dan persebaran kehidupan.
o   Antroposfer, meliputi jumlah dan persebaran serta bentuk-bentuk hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya, yang dipelajari dalam geografi penduduk, geografi ekonomi, geografi social, dan geografi politik.
2.    Objek formal
o  Objek formal Geografi diartikan sebagai cara pandang dan cara telaah terhadap fenomena dipermukaan bumi yang meliputi fenomena fisik dan fenomena social.Sehingga kita akan mengetahui karakterisitik/ciri khas dari suatu wilayah . Wilayah yang memiliki karakteristik/ ciri khas disebut REGION.Objek formal (Region) inilah yang membedakan Geografi dengan ilmu-ilmu lain
Contoh :
Kota Banjar adalah suatu wilayah yang berada pada ketinggian 16 m dpl- 356 mdpl. Yang sebagian wilayahnya merupakan dataran rendah yang dikelilingi perbukitan.Perkembangan pemukiman penduduk Kota Banjar lebih pesat di dataran rendah sehingga wilayah ini berkembang menjadi sebuah Kota, sedangkan daerah perbukitan permukiman penduduk masih berjauhan sehingga daerah ini mempunyai ciri khas desa .
Dari uraian di atas maka yang menjadi objek material Kota Banjar adalah Dataran rendah dan Perbukitan yang merupakan bagian dari lithosfer. Sedangkan Objek formal adalah pemanfaatan dataran rendah menjadi padat permukiman dan terbentuk sebuah kota serta perbukitan merupakan daerah yang masih berciri khas desa dengan aktivitas pertaniannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar